Perpanjangan kerjasama antara Indonesia Solid Waste Association (InSWA) dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk Pendampingan Penyusunan Masterplan Pengelolaan Sampah

Working Together

Pilih gambar yang bagus dan buat paragraf yang inspiratif mengenai gambar tersebut.
Paragraf tersebut tidak harus panjang, tapi harus dapat membantu menguatkan gambar Anda.


Tambahkan caption untuk meningkatkan makna dari gambar ini.

Banyuwangi, 21 Desember 2022 – Indonesia Solid Waste Association (InSWA) melakukan penandatanganan Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk Program Clean Ocean Through Clean Community (CLOCC). Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Bupati Kabupaten Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. Program CLOCC ini didanai oleh Pemerintah Norwegia yang pelaksananya adalah InSWA.

InSWA melalui program CLOCC melakukan pendampingan pengelolaan sampah ini sejak tahun 2020. Dan melakukan perpanjangan Kerjasama untuk finalisasi penyusunan rencana induk (masterplan) pengelolaan sampah yang dapat diterapkan hingga 20 tahun serta pendampingan sistem pengelolaan sampah di 14 desa terpilih.

Dalam penyusunan masterplan serta pendampingan sistem pengelolaan sampah desa, InSWA mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terlibat dalam pengelolaan sampah. Karena pengelolaan sampah harus dilakukan secara kolektif oleh seluruh stakeholder.

Ditambahkan juga oleh M. Satya Oktamalandi bahwa masterplan pengalolaan sampah yang sedang disusun akan menerapkan pelayanan 100% serta memaksimalkan pengelolaan sampah dan pengunaan material secara sirkular. Hal ini dilakukan agar residu dapat seminimal mungkin yang terbuang ke TPA.

Bupati Banyuwangi juga berharap semoga lewat Kerjasama ini, manajemen pengelolaan sampah di Banyuwangi dapat meningkat.